Senin, 15 Agustus 2016

SIKLUS HIDUP PRODUK PENGGILINGAN PADI

                NAMA   : RULI KISWANTO
                NIM       : 14010099
                KLS       : RSA / SMT PENDEK


MASA HIDUP PRODUK (PRODUCT LIFE CYCLE)JASA PENGGILINGAN PADI
Masa hidup produk ini dibagi menjadi empat tahapan, yaitu:
1.         Tahap pengenalan (introduction)
Tahapan Perkenalan adalah tahapan pertama dalam siklus hidup produk dimana produsen memperkenalkan produk barunya kepada pasar atau masyarakat umum.
-          Mempromosikan dengan cara membuat spanduk dan banner
-          Membuat jasa dengan harga yang relatif murah dibawah pasarran
-          Mempromosikan kepada pedagang gabah dan kelompok tani.
-          Mengeluarkan Biaya yang besar dalam promosi untuk menciptakan kesadaran pada produk dan juga untuk memberitahukan produk barunya kepada masyarakat
-          Distribusi yang terfokus (pada wilayah yang terbatas)
2.         Tahap pertumbuhan (Growth)
Tahap Perkembangan (Growth) adalah tahap dimana produk yang diperkenalkan tersebut sudah dikenal dan diterima oleh konsumen
-          Meningkatkan kualitas dari produk ini (produk jasa)
-          Meningkatkan pelayanan kualitas pelayanan, sehingga menyebabkan pelanggan loyal.
-          Menambah produk, agar konsumen bisa memilih produk yang berkualitas.
-          Menambah segmen pasar dan distribusi pasar yang meluas
-          Bekerja sama dengan kelompok tani disekitar perusahaan
-          Menurunkan harga produk untuk menarik pembeli dan memperluas segmen pasar
-          Masih mengeluarkan biaya yang besar dalam mempromosikan produk dan mereknya.
3.         Tahap kedewasaan
Peningkatan Omset penjualan yang mulai melambat, bersaing dengan ketat dan berjuang dalam merebut pangsa pasar dengan pesaing-pesaingnya.
-          Perusahaan menambah pelayanan yang sudah ada dengan cara sistem antar jemput barang.
-          Menciptakan gudang penyimpanan untuk umum
-          Kapasitas Produksi pada kondisi yang rasional
-          Menerapkan harga yang lebih bersaing
-          Menarik pengguna-pengguna baru
-          Memasuki Segmen pasar yang baru
-          Membuat pelayanan yang masih manual menjadi modern
-          Menjalin kerja sama dengan BULOG

4.         Tahap kemunduran
Padatahap penurunan, penjualan dan keuntungan akan semakin menurun dan jika tidak melakukan strategi yang tepat, produk yang ditawarkan mungkin akan hilang dari pasar (market)
-          Membuat cabang baru
-          Melakukan promosi untuk mempertahankan Pelanggan yang setia
-          Mempersempit saluran distribusi
-          Meningkatkan kapasitas produksi
-          Manambah investasi agar dapat mendominasi atau menempati posisi persaingan yang baik.
-          Membeli gabah sendiri dari petani dan diproses sendiri
-          Membuka pengeringan gabah untuk umum dengan sistem pembayaran perton
-          Membuka gudang penyimpanan gabah untuk umum
-          Mencari pasar baru

Strategi Ekstensi (Perpanjangan)
Untuk mempanjang umur produk, strategi-strategi yang sering dilakukan oleh produsen agar memperlambat produknya memasuki tahap penurunan diantaranya sebagai berikut :
  • Periklanan, Mencoba untuk menambah pengguna baru dan berusaha mengingatkan pengguna lama.
  • Menurun Harga, Berusaha untuk menarik pelanggan baru.
  • Penambahan Nilai (Adding Value), Menambahkan fitur baru pada produk saat ini (contohnya menambahkan fitur Wifi pada Kamera).
  • Menjelajahi pasar-pasar baru, Mencoba menjual produk keluar negeri.
  • Memperbarui kemasan, Menggantikan kemasan pada produk dengan warna yang lebih cerah dan segar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar